AMBaK

Posted on October 27, 2009. Filed under: kiat menulis, tips menulis, writing tips |

Saya sering ditanya, bagaimana cara belajar Bahasa Inggris yang baik dan efektif dan cepat bisa menguasainya. Atau juga apa metode pengajaran bahasa Inggris mudah bagi pembelajar bahasa asing tersebut.



Setiap kali ditanya demikian saya selalu menjawab bahwa tidak ada satupun cara belajar dan metode mengajar bahasa Inggris (dan bahasa asing lainnya) yang cocok bagi setiap orang / pembelajar.

Sang penanya biasanya langsung bertanya, lantas bagaimana?
Maka saya selalu menjawabnya dengan memberikan ilustrasi dari keluarga saya sendiri. Kebetulan saya empat bersaudara dan kami bisa menggunakan bahasa Inggris secara aktif, minimal untuk kepentingan komunikasi sehari-hari. Mulanya hanya saya yang belajar bahasa inggris secara formal di perguruan tinggi, sementara adik-adik saya waktu itu masih sekolah di SMP dan SMA. Pada saat itu saya tidak pernah mengajari adik-adik saya secara khusus tentang bahasa Inggris. Tapi saya tahu bahwa adik-adik saya bisa menggunakan bahasa asing tersebut untuk kepentingan mereka sendiri-sendiri. Sebagai contoh adik saya yang tidak kuliah tetapi memilih masuk pesantren untuk menghafal Al Quran selepas SMA, dia bisa menulis berlembar-lembar surat dalam bahasa inggris ke saya yang waktu itu kuliah di lain kota, selain itu saya mendapati adik saya tersebut juga mendapatkan banyak buku-buku berbahasa inggris dari berbagai kantor kedutaan maupun institusi di luar negeri. Ternyata memang dia mengajukan permintaan buku-buku tersebut.

Lain lagi dengan kedua adik saya yang lain, meskipun mereka cewek tetapi keduanya suka sekali dengan sepak bola, banyak sekali foto-foto pemain sepak bola dan bahkan jadwal pertandingan sepak bola ada di kamarnya. Yang paling mereka suka adalah meminta foto-foto pemain asing plus tanda tangan asli dari mereka, dua yang saya ingat mereka mendapatkan foto dan tanda tangan asli dari Gian Luca Pagliuca dan Buffon – kalo nggak salah keduanya pemain klub di meneri pizza sono, Italia. Selain itu kedua adik saya tadi paling suka chating di internet, tetapi bukan dengan orang indonesia, melainkan dengan mereka yang berbahasa inggris.

Nah, bagaimana mereka bisa menggunakan bahasa inggris meskipun tanpa kursus?

Jawabnya adalah cuman satu!

Mereka punya AMBaK !

Jenis makanan apa pula AMBaK itu?

He..hehe tenang ini bukan sejenis krupuk rambak. AMBaK adalah singkatan dari : Apa Manfaatnya Bagi Ku . Ya ini memang istilah terjemahan yang dipakai dalam teori Quantum Learning. Dalam bahasa yang lebih mudah AMBaK adalah motivasi atau alasan yang kuat dan sangat personal yang dimiliki seseorang untuk melakukan sesuatu.

Dari contoh di atas, AMBaK dari adik saya yang pertama untuk menguasai bahasa inggris adalah karena dia ingin mendapatkan buku-buku gratis dari luar negeri. Sementara bagi kedua adik saya yang lain adalah untuk mendapatkan foto-foto pemain sepak bola favorit mereka dan untuk chatting

 

Saya percaya bahwa AMBaK ini merupakan hal yang sangat penting bagi pembelajar apapun. Artinya ketika kita ingin mempelajari sesuatu maka kita harus mencari tahu Apa sih yang (akan) saya dapatkan jika saya bisa menguasai bidang tersebut? Semakin jelas kita menemukan jawabannya maka semakin kuat dorongan kita untuk mempelajari dan menguasai bidang tersebut.

Pengalaman saya pribadi, AMBaK harus spesifik dan unik bagi diri kita sendiri, artinya setiap orang boleh berbeda asalkan itu sangat penting dan berarti baginya.

Begitu juga dengan menulis!

Saya sering mengisi pelatihan menulis, banyak peserta yang setelah mengikuti pelatihan menulis, tidak pernah menulis lagi! Mereka hanya mau menulis karena terpaksa harus mengerjakan tugas yang diberikan instruktur!

Dari fenomena itu saya hanya bisa menyimpulkan bahwa mereka belum menemukan AMBaK untuk menulis. Oleh karenanya wajar kalau mereka sering mengeluh tidak menemukan ide dan akhirnya berhenti menulis!

Bagaimana dengan Anda? Sudahkan Anda menemukan AMBaK menulis Anda?

****
Tulisan ini adalah rangkaian tulisan dalam kolom Writing Spirit di situs SuksesTersenyum










Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Sstt Ada gratisan di bawah!

    Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

    Dukung Internet Sehat

    Internet Sehat

    Klik link berikut untuk dapat Ebook Gratis

    BlogBooker
    Turn your Blog into a PDF Book/Archive.

    BlogBooker Google PageRank Checking tool

  • Masukkan alamat surel/email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

    Join 10 other followers

  • RSS Blog yang lain :)

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Belajar Inggris

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Pengunjung

    • 5,622 pasang mata

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: