NIAT

Posted on November 23, 2009. Filed under: kiat menulis, tips menulis, writing tips | Tags: , , |

Saya selalu terkesan dan termotivasi dengan kisah-kisah orang yang hidup bersahaja tetapi mampu menoreh prestasi yang menurut saya luar biasa.

Baru-baru ini saya membaca kisah di majalah Hidayatullah tentang seorang penjual rujak yang “sukses berangkat haji” .

Menurut saya itu cerita yang luar biasa memotivasi saya. Bagaimana tidak? seorang tukang rujak yang berpenghasilan sekitar Rp. 45 ribu / hari bisa berangkat berhaji. Sementara kita yang mungkin berpenghasilan lebih dari itu masih terseok-seok untuk mengumpulkan uang untuk menabung guna tujuan yang sama, Pergi Haji!

Cerita-cerita seperti ini tidak hanya satu dua kali saya dapatkan. Sebelumnya saya juga pernah membaca tentang seorang yang bekerja serabutan juga bisa berhasil menggapai cita-citanya untuk berangkat haji!

Setelah membaca kisah-kisah tersebut biasanya saya selalu berpikir?

Mengapa mereka bisa? Sementara saya atau bahkan orang-orang lebih mampu secara finansial dari tokoh-tokoh yang saya baca tadi belum juga tercapai sampai ke tanah suci Mekkah?

Sebagai bahan refleksi diri, saya selalu mengatakan bahwa: Mungkin niat saya kurang kuat, sehingga belum diberi kesempatan oleh Allah untuk bertemu di rumah-Nya!

Refleksi itu senantiasa saya lakukan karena saya teringat penggalan kisah penjual rujak yang senantiasa menghadirkan kerinduan untuk pergi ke tanah suci dalam setiap kegiatannya berjualan rujak. Saking kuatnya niat itu sampai-sampai dia lupa bahwa setiap hari dia telah berjalan puluhan kilo meter menjajakan dagangannya. Luar biasa!

Ya dengan mengingat cerita itu itu saya senantiasa memperbaruhi dan menajamkan niat saya untuk menunaikan ibadah haji.

Saudara pembaca sekalian, saya juga ingin mengingatkan betapa keinginan kita untuk menulis juga sangat bergantung dari niat kita yang kuat.

Jutaan rupiah yang anda keluarkan untuk mengikuti pelatihan menulis tidak akan berarti apa-apa kalau anda tidak mempunyai niatan yang kuat untuk segera menggerakkan jari-jari anda pada tuts komputer/laptop anda!

Begitu juga alasan betapa sibukkan waktu kita sehingga tidak ada kesempatan untuk menulis!

Memang jika niatan kita tidak kuat – akan ada beribu alasan bagi kita untuk memaafkan kemalasan kita.

Pernahkah anda mendengar kisah jalan panjang kesuksesan Joni Ardianto – seorang sastrawan dari Jogja — yang senantiasa menulis selepas bekerja sebagai tukang becak atau jadi buruh pabrik?

Atau juga keberhasilan novelis Sakti Wibowo yang hanya tamatan SMEA (SMK) dan harus menuliskan cerita-ceritanya selepas dia bekerja sebagai kuli bangunan?

Ya, memang kita sangat sibuk sehingga tidak ada waktu untuk menulis.

Tetapi pernahkah anda membaca tentang Prof Dr. Imam Suprayogo rektor UIN Maliki Malang, yang mendapatkan gelar Rektor yang paling banyak menulis buku dari MURI (Musium Rekor Indonesia). Jika anda ingin tahu intensitas beliau dalam menulis, silahkan saja jadi teman beliau di Facebook, di sana anda akan mendapat tulisan-tulisan beliau yang senantiasa di-update melalui ponselnya.

Nah pertanyaannya ada dua pertanyaan untuk kita
lebih sibuk mana sih dari pada Prof. Imam?
Atau lebih berat mana sih pekerjaan kita daripada kuli bangunan dan tukang becak?

Kalau jawaban pertama kita lebih sibuk dari Prof. Imam, maka Alhamdulillah memang kita punya alasan yang tepat untuk tidak menulis.

Sedangkan kalau jawaban untuk pertanyaan kedua, ternyata pekerjaan kita juga lebih berat dari kuli bangunan dan tukang becak, berarti juga Alhamdulillah memang kita punya alasan yang tepat untuk tidak menulis!

**********
Tulisan ini adalah rangkaian tulisan dalam kolom Writing Spirit di situs Sukses Tersenyum

Make a Comment

Leave a Reply

14 Responses to “NIAT”

RSS Feed for Inspirasi untuk Selalu menulis | Comments RSS Feed

sangat memotivasi Pakdikampung saya pernah terjadiseorang nenek tukang pijit bayi dan ibu hamilyang sudah tua, bisa menunaikan ibadah haji, dengan uang hasil memijit. Uang upah yg disimpan dibawah kasurnya selama bertahun-tahun. Beliau sudah berpulang sekarang. tentang menulis…kadang memang mengurungkan niat untuk menuliskarena alasan : lebih memilih main sama adek Salam buat keluarga Pak🙂

postingan yg baiksalam hangat selalu

sungguh postingan yang mantap.. penuh inspirasi.

yang jelas selain niat juga hasil keringat yang halal sangat berpengaruh mas, saya sendiri merasakan keringat yang halal membuat bathin sangat tenang…

Nice Post…
trims sudah mampir ke blog saya..

Tul. Terkadang kita melakukan hal2 yang dirasa sepele, ternyata hal tersebut membantu kita. Model2 menulis ini, sekilas sepele. Bermula dari ide-ide kecil dan sambil iseng. Siapa saat nanti ?😀

manarik dan penuh dgn inspirasi…

salam kenal bro, thanks udah mampir di pondok saya…

bener” inspirasi menulis…

muga bisa sering mampir ke blog ini😉

Alhamdulillah,

Salam kenal kembali dan terima kasih sudah berkunjung untuk yg kesekian kalinya:mrgreen:

Salam,
Rozy

kunjungan balik saya

salut…
ada banyak inspirasi !!
terima kasih sudah mampir di blog saya

anda menyebut rumah Alloh titik arah muslim hadapkan wajahnya ,sebagai rumah Allah,sepertinya Allah itu Maha luas Maha besar tak terhingga,kok punya rumah ,subhanallah ,kalau sebagai tanah haram yang suci ,seluruh alam sebagai rumahNya kayaknya masih kurang sebab Allah itu tak terhingga .maaf ya mas hanya menggamit anda supaya agak berhayal dikit.

Hallo, salam kenal saya william. Saya tidak kenal anda siapa, karena nama anda sebagai writer pun tidak saya lihat di blog ini. Tapi yang jelas saya senang, saya membaca tulisan ini. Why?? Karena saya juga menemukan hal yang sama.
menulis butuh niat dan kerja keras. Saya bermimpi suatu saat bisa menerbitkan sebuah buku dan mulai berusaha melatih kemampuan menulis saya melalui blog.. Dan memang, NIAT itu hal yang paling dasar, penting dalam menulis dan terlebih lagi sulit dibangkitkan!
Membaca tulisan anda, saya seperti disentil kkembali.. sukses buat anda.. terima kasih..

Suka dan menginspirasi….


Where's The Comment Form?

  • Sstt Ada gratisan di bawah!

    Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

    Dukung Internet Sehat

    Internet Sehat

    Klik link berikut untuk dapat Ebook Gratis

    BlogBooker
    Turn your Blog into a PDF Book/Archive.

    BlogBooker Google PageRank Checking tool

  • Masukkan alamat surel/email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

    Join 10 other followers

  • RSS Blog yang lain :)

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Belajar Inggris

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Pengunjung

    • 5,622 pasang mata

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

