Berkah

Posted on December 6, 2009. Filed under: kiat menulis, semangat menulis, tips menulis, writing tips | Tags: , , , |

Ada sebuah informasi yang menarik ketika saya menghadiri sebuah pelatihan , salah satu pematerinya Ibu Zahrotun Nihayah dari Ada sebuah informasi yang menarik ketika saya menghadiri sebuah pelatihan , salah satu pematerinya Ibu Zahrotun Nihayah dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jurusan Psikologi. Beliau menceritakan tentang hasil penelitian yang dilakukannya bersama kolega di Fakultas Psikologi terhadap mahasiswa baru yang diterima di PTN negeri melalui jalur PMDK dan UMPTN.

Hasilnya?

Sebagian besar mereka yang diterima di PTN melalui kedua jalur di atas adalah mereka yang mempunyai orang tua sebagai guru . Kemudian profesi guru tadi dikerucutkan lebih spesifik lagi, ternyata yang paling banyak adalah mereka yang mempunyai orang tua (baik kedua-duanya atau salah satunya) yang berprofesi sebagai GURU SD!

Mengomentari temuan tersebut beliau mengatakan kurang lebih sebagai berikut,
”Mungkin ini yang dikatakan bahwa berkah. Meski pekerjaan guru SD dianggap tidak prestisius bagi kebanyakan orang, karena gajinya kecil dan lain sebagianya, ternyata anak-anak para guru SD ini mempunyai prestasi yang baik – berdasarkan penelitian ini – tentu kalau prestasi ini diukur dengan uang mungkin harganya sangat mahal…. !”

Sekali lagi saya mendapatkan sebuah penjelasan tentang makna berkah.

Memang sudah lama saya mencari definisi yang baku tentang makna kata berkah itu. Salah satunya saya mendapatkan arti dari kata berkah itu sebagai ziyyadatul khair atau bertambahnya kebaikan !

Saya suka sekali dengan definisi tersebut!

Ya, kita sering mendengar kata-kata tersebut dalam doa-doa atau ucapan yang kita dapatkan atau berikan kepada teman kita ketika mendapatkan sebuah kenikmatan seperti ini:.
”Barakallahu laka..”
”Semoga umurnya berkah..”
”Alhamdulillah meski sedikit (rejeki) tapi berkah….”

Nah saudaraku sekalian, semua yang kita miliki dalam hidup ini bisa mendatangkan keberkahan bagi kita, betapapun kecilnya hal itu. Syaratnya cuma dua: semua dilakukan atas petunjuk Allah dan ikhlas karen-Nya

Jadi meskipun anda merasa hanya sedikit saja mempunyai pengetahuan yang bermanfaat, misalnya, mengapa tidak anda bagikan saja kepada orang lain agar pengetahuan itu menjadi berkah ketika orang lain mengetahuinya dari anda dan mengamalkan apa yang anda sampaikan?

Dan menuliskannya adalah salah satu cara agar ilmu anda menjadi berkah!

Nah mengapa harus ditunda-tunda?

Kalau bisa sekarang mengapa harus menunggu besok atau lusa?

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

21 Responses to “Berkah”

RSS Feed for Inspirasi untuk Selalu menulis | Comments RSS Feed

tidak perlu ditunda-tunda untuk sebuah kebaikan.

Kalau Guru dibandingkan dengan profesi2 yang lain seperti Petani, Nelayan, Buruh dan lain-lain gaji guru itu tidak bisa dikatakan tidak kecil, buktinya dari 10 orang kaya di kampung gw, 7 orang tersebut bekerja sebagai guru…..tapi profesi yang lain juga tak kalah, dengan menghasilkan atau mensekolahkan anak2 nya di PTN atawa PTS.

setuju mas jangan menunda2 kebaikan…

eh ya.. saya juga menunggu ‘informasi’ hasil penelitian itu, tentang kenapa, anak2 guru SD bisa berprestasi. ayo dong mas, info nya dibagi2… heheh..

Nah itu dia Mbak VD…saya juga penasaran banget dengan hasil penelitian itu… Bu Zahroh.. waktu itu buru2 balik ke jakarta… padahal mau saya pas break saya pengin nanya2 tentang penelitian itu,,

banyak penelitian beliau yang menarik… termasuk dalam profesi tertentu anak2 mereka menderita autis… trus juga peran keluarga dalam korupsi🙂

mdh2n deh dapat ketemu beliau lagi

Pada Sen, 07 Des 2009 18:38 ICT

Avatare medeni pak iki😆

hm.. ternyata begitu.. iya berkah banget tuh.. mengajar SD tuh gak gampang sebenernya. butuh kesabaran menghadapi anak2 SD yang susah diatur🙂

Semakin tambah aja nih bukti balasan atas kebaikan yang di lipat gandakan… semoga tambah berkah ya amin…

apalagi yang diharapkan jika bukan keberkahan. sedikit tapi berkah kan lebih okeh dari pada banyak tapi ga berkah, sia-sia saja katanya. yang lebih okeh siy…banyak dan berkah ya…hehehe

SD kan root bgt. Bener2 masuk akal. Yang betah jadi guru SD berarti punya kemampuan menangani root2 itu, termasuk anak mereka. nice info nih😀

memang benar anak dari pahlawan tanda jasa banyak diantara mereka yang berhasil

Yeah betul pak Cahyo, ternyata panjenengan juga mbingungken banyak blog😆 ^O^ X_X just kid😀

semoga dengan membaca ini juga menjadi keberkahan untuku🙂

siap pak, saya sudah menulis, semoga berkah….

smoga tulisannya bisa membawa berkah..amin..🙂

[…] tentang faidah silaturahim sebagaimana yang tersebut dalam sebuah hadist yaitu mendatangkan rejeki dan memperpanjang umur . Tentang rejeki anda bisa melihatnya pada postingan saya yang lalu di sini. Sedangkan kali ini […]

semoga apa yang kita lakukan senantiasa mendapat keberkahan..amin.

mengajar anak SD berbeda dengan mengajar siswa yang lebih dewasa, butuh kesabaran, tak heran jika anak guru Sd memiliki prestasi, mungkin karena kesabaran dan pengalaman sang ibu mengajar anak anak yang masih kecil itu

keberkahan itu selalu pastinya yang diharapkan oleh semua orang, termasuk saya pribadi. Hanya saja tidak tahu harus bagaimana agar apapun yang didapat menjadi berkah. Terima kasih pencerahannya.

Cara Membuat Web

trimakasih ada pencerahan disini…

jalan² siang sambil nyari ilmu yg bermanfaat disini…

alahamdulillah..ternyata di sini byk inspirasi sesuai judul rumah dan isinya

salam, ^_^


Where's The Comment Form?

  • Sstt Ada gratisan di bawah!

    Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

    Dukung Internet Sehat

    Internet Sehat

    Klik link berikut untuk dapat Ebook Gratis

    BlogBooker
    Turn your Blog into a PDF Book/Archive.

    BlogBooker Google PageRank Checking tool

  • Masukkan alamat surel/email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

    Join 10 other followers

  • RSS Blog yang lain :)

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Belajar Inggris

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Pengunjung

    • 5,622 pasang mata

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: