Silaturrahim

Posted on December 12, 2009. Filed under: kiat menulis |

Ketika kuliah dulu , saya pernah menghadiri sebuah pengajian yang masih saya ingat sampai sekarang, hmmm dah hampir 15 tahun! Ceramah itu berisi tentang makna silaturahim, pembicaranya adalah Kiayi Toha Muntoha dari Krikilan Banyuwangi.

Beliau menjelaskan tentang faidah silaturahim sebagaimana yang tersebut dalam sebuah hadist yaitu mendatangkan rejeki dan memperpanjang umur . Tentang rejeki anda bisa melihatnya pada postingan saya yang lalu di sini. Sedangkan kali ini saya akan menuliskan pendapat beliau mengenai memperpanjang umur dalam hadist silaturahim.

Memperpanjang umur yang dimaksud adalah umur sejarah manusia. Orang yang suka silaturahim karena menjalankan sunnah Nabi s.a.w pastinya adalah orang yang secara kehidupan ruhaniahnya adalah bagus. Artinya dia termasuk orang yang mempunyai sifat salamatush shadr atau berhati lapang, tidak suka mendendam dan maudah memaafkan kesalahan orang lain. Tentu saja kalau orang seperti itu pastinya secara kehidupan sosial juga mesti bagus, dan tentu saja dia disukai orang lain dengan sifatnya itu. Nah jika orang yang baik secara ruhaniyah dan sosial seperti itu meninggal maka tentu saja banyak orang yang merasa kehilangan kalau dia meninggal, sehingga banyak orang yang merindukan kehadirannya meskipun mungkin jasadnya sudah hancur di dalam tanah. Maka inilah yang disebut umur sejarah.

Saudara sekalian saya senantiasa mengingat pesan Kiyai tersebut. Selain itu saya juga senantiasa mencari jalan agar saya senantiasa mencari cara bagaimana saya bisa bersilaturrahim dengan sebanyak mungkin orang. Dengan bersilaturrahim dengan banyak orang saya mencoba untuk mendidik diri saya menjadi orang yang mempunyai sifat salamatush shadr.

Dengan semakin pesatnya teknologi informasi seperti sekarang ini, membuat saya semakin mudah untuk melakukan silaturrahim dengan siapa saja, utamanya yang secara lokasi tempat tinggal berjauhan. Dari ponsel, SMS, email, instan messaging hingga situs social networking. Dengan bantuan teknologi tadi saya bisa bersilaturahim lagi dengan teman-teman yang sudah terpisah puluhan tahun.

Namun dari sekian banyak cara silaturahim modern yang paling saya suka adalah yang berbasis teks, mulai yang paling sederhana seperti SMS sampai yang berbentuk blog dan catatan di Facebook Bagi tulisan lebih langgeng daripada yang berbentuk suara, selain itu dengan meninggalkan jejak di dunia maya ternyata lebih memudahkan teman-teman lama saya untuk menjalin kontak dengan saya.
“Ternyata lebih enak mencari sampean lewat Google daripada lewat buku telepon” celetuk teman saya dari Jogja yang beberapa tahun nggak ketemu.

Wah…. Apa memang begitu?

Nah sejak saat itu saya senantiasa meniatkan diri menulis untuk bisa bersilaturahim…

Bagaimana dengan Anda?

Make a Comment

Leave a Reply

35 Responses to “Silaturrahim”

RSS Feed for Inspirasi untuk Selalu menulis | Comments RSS Feed

maka aku datang dalam rangka silaturahim

oqelah qalau begitu…

aku juga kadang lebih enak ngobrol dengan fb dari pada main ke orangnya langsung.. soalnya kurang akrab kalau ketemu langsung.. wekekkeke…

aku jug amenyempatkan diri untuk datang bersilaturahmi…..

saking saktinya google, di eropa ada gereja yg pasang pengumuman gini “tidak semua hal bisa dijawab google, datanglah kesini untuk menemukan jawaban.” hahaha..

saya menulis untuk berteman dan ketemu orang baru. sama aja kyk silaturahim ya..:mrgreen:

salam kenal yah!

Salam kenal …
Salutnya pertama karena ceramah yang 15 taon lalu masih di ingat. Makan apa bisa kuat gitu ingatannya Pak?
Sepakat …
Silaturahim/ silaturrahmi, gak tau mana yang baku, mendatangkan rezeki dan memperpanjang umur.
Semoga, silaturahim antara kita tetap terjaga .
Salam blogger ..🙂

Kunjungan balik bro. Salam kenal dulu. Maaf saya telat berkunjung. Kapan2 ketemu lagi di post berikutnya. Salam

blog baru ya pak?

Abah nulis lagi di sini?
Madrasah baru untuk berbagi😉
Maka saya pun silaturrahim, Abah.

Blog Walking malam hari di penghujung pekan, mengais ngais ilmu dari para sahabat, mencari sesuap pengetahuan dan segenggam persaudaraan salam ketulusan dari ruang hati ku

=kunjungan dalam rangka silaturahim

makin maju peradaban, cara bersilaturahmi pun makin mudah dan memanjakan, mas heri.

setuju….
yang penting niatnya……

banyak teman banyak rejeki…🙂

bener pak….
Mencari teman lebih susah daripada mencari musuh, makanya pertemanan memang harus dirawat dengan cara silaturahim

Assalamu’alaikum mas. ini saya ikut-ikutan silaturahmi mas, dengan mengharap ridha Allah. Ditunggu silaturahmi baliknya ya.

Assalamualaikum, ada seorang ulama mengatakan bahwa kalimat memperpanjang umur dalam hadist tsb tidak harus diartikan secara maknawi tapi lebih pas kalau diartikan secara majazi. Ada benarnya juga sih, ayah saya sejak beliau masih muda hingga sekarang paling suka bersilaturrahmi dan kini usia beliau sudah 80 tahun. Soal rezeki, hmm…walaupun bukan orang kaya tapi nggak pernah kekurangan, selalu ada saja rezeki yang tak disangka – sangka datang menghampiri.

Salam kenal dan makasih atas kunjungannya ke blog saya🙂

Sillaturahim ahh…. salam kenal ya Pak *digetok kepalanya

ayo kita jaga tali silaturahim

selamat pagiii
hehehe
selamat hari ibu yah
kasih ibu tak terhingga sepanjang masa
great posting Pak

SELAMAT HARI IBU
JUST 4 MOM

Berkunjung utk silaturahmi… Semoga bisa menjadi sarana utk mempererat tali persaudaraan di antara kita semua…
Salam kenal dari Hary4n4 di Surabaya…
Salam hangat dan damai selalu…

balik lagi……..
mana nih apdet terbaru….

silahturahim yang utama adalah bertemu langsung memakai media lain untuk alternatif saja

iya ya, macem-macem caranya silaturrahim..😀, hidup blog. . !

salam kenal.. *ditimpuk pake sendalnya dek habib*

betul pak, perubahan jaman telah membuat cara silaturahmi pun beraneka warna dan cara.
tapi menurutku masih kurang afdhol jika silaturahmi kok tidak berkunjung langsung dan bertemu langsung

betul..betul..betul..
jaman sekarang org2 lebih suka bersilaturahmi lewat teknologi…

selamat malam
numpang lewat ngeronda nich hehehehe….

Betul sekali Pak. Dengan memperkuat silaturrahmi diamping memperkuat tali persaudaraan juga mempererat tali keimanan kita.

Kalau pun tak dapat bertemu kita dapat silaturrahmi melalui Hp, telepon, FB, dll di dunia maya ini.

makasih lho yaaa udah mampir ke blog aku….hehehehehehe semoga bisa menjalin silaturrahiim yang baik amiin

http://www.ObatAborsi.webs.com merupakan hasil dari komitmen kami untuk menyediakan sarana alternatif yang mudah dan murah dalam hal penyediaan pengobatan aborsi

kunjunga pertama sob.semoga bisa lebih barokah.😀

silaturrahim balik🙂

seperti ini nich silaturrohmi balek….
http://azkamiru.wordpress.com/


Where's The Comment Form?

  • Sstt Ada gratisan di bawah!

    Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

    Dukung Internet Sehat

    Internet Sehat

    Klik link berikut untuk dapat Ebook Gratis

    BlogBooker
    Turn your Blog into a PDF Book/Archive.

    BlogBooker Google PageRank Checking tool

  • Masukkan alamat surel/email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

    Join 10 other followers

  • RSS Blog yang lain :)

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Belajar Inggris

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Pengunjung

    • 5,622 pasang mata

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

