Asongan

Posted on February 17, 2010. Filed under: kiat menulis, motivasi, semangat menulis, tips menulis, unik, writing tips |

Suatu hari, ketika saya baru datang dari kantor, Nadia berkata pada saya,

“Bi, aku punya ini.. ” katanya sambil menunjukkan sekeping kaca berukuran sekitar 5 cm x 5 cm yang bertuliskan namanya. Nama itu ditulis dengan menggunakan cat, dan ditulis sedemikian rupa hingga terlihat artistik. Di sekeliling nama itu diberi hiasan-hiasan bunga warna-warni, juga terbuat dari cat.

“Dapat dari mana Nad?”
tanya saya sambil memperhatikan kepingan kaca yang pingi-pingirnya sudah dihaluskan sehingga tidak membahayakan bagi anak-anak.

“Beli di sekolah…!”
katanya sambil meminta kembali kepingan kaca yang saya pegang

“Berapa?”

“Kalau yang kecil ini lima ratus, kalau yang agak besar seribu, ada yang dua ribu juga..” jawabnya sambil kembali meneruskan mainannya.

Dalam hati saya cuman berkata, kreatif sekali penjual mainan itu!. Saya yakin kepingan kaca itu dia peroleh dari tempat-tempat atau toko pemotong kaca. Kemudian dia memotong-motong sesuai ukuran yang dia inginkan dan menghaluskan pinggirannya.

Ya, jaman sekarang, dimana mencari pekerjaan sangat sulit, daya kreativitas yang tinggi sering menjadi salah satu cara agar bisa bertahan hidup dan mendapatkan penghasilan.

Saya juga teringat ketika pergi ke Pasuruan beberapa waktu yang lalu. Di atas bis ada seorang pedagang asongan yang menawarkan kepada penumpang dua benda terbuat dari kayu yang kelihatan unik. Yang satu berbentuk seperti tongkat kecil dan ada rodanya sepasang, sedangkan yang lainnya berbentuk bintang tiga sisi, hanya saja masing-masing sisi berbeda ada yang lancip, ada yang pipih dan ada yang tumpul. Pedagang asongan tersebut menjelaskan masing-masing kegunaan dari benda-benda yang dia jajakan. Yang ada rodanya adalah sebagai alat untuk memijat-mijat kepala dan anggota tubuh yang pegal. Sedangkan yang berbentuk bintang tiga, masing-masing sisinya mempunyai fungsi yang berebeda pula, yang pipih untuk kerokan bagi yang masuk angin, yang tumpul untuk memijat-mijat anggota tubuh, sedangkan yang lancip untuk memijat titik-titik akupunktur. Penjual juga menyertakan brosur kecil yang berisi gambar sepasang telapak kaki dan peta akupunkturnya untuk tiap-tiap penyakit.

Masing-masing benda tadi di jual lima ribu rupiah. Saya dan beberapa penumpang tertarik membeli setelah mengetahui kegunaan dari benda tersebut.

Ya, sekali lagi saya menemukan hasil kreativitas yang unik. Dugaan saya, alat-alat yang dijajakan pedagang asongan di bis itu, berasal dari limbah mebel. Dengan daya sedikit saja upaya kreatif, limbah-limbah tersebut disulap menjadi sarana untuk mencari uang.

Saya selalu salut dengan orang-orang yang bisa memanfaatkan dan mengubah sesuatu yang nampaknya tidak bermanfaat dan remeh temeh saja menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual yang tinggi!

Kreativitas memang sangat menentukan dan penting bagi hampir semua kegiatan, tidak terkecuali dengan menulis. Dengan kreativitas yang baik, sesuatu yang nampaknya biasa saja bisa menjadi cerita yang luar biasa.

Anda pasti tahu Laskar Pelangi yang ditulis Andrea Hirata. Kalau mau jujur tema yang diangkat Andrea Hirata, sebenarnya adalah hal yang biasa bagi bayak orang. Bahkan mungkin kejadian yang diceritakan Andrea pernah kita alami, atau dialami orang-orang yang kita kenal di sekitar kita.

Saya jadi teringat ketika KKN di sebuah dusun terpencil di gunung kapur di daerah perbatasan Besuki Probolinggo. Di desa yang hanya 3 orang yang mempunyai kamar mandi itu, kami menemukan sosok-sosok luar biasa dan kreatif. Ada seorang yang tidak lulus SD bisa menjadi tukang yang terkenal, karena bangunan yang dia kerjakan begitu bagus, padahal bahan-bahan bangunan begitu sulit karena harus di datangkan dari kota yang jaraknya 20 km. Tidak hanya itu, di desa yang tidak ada aliran listrik tersebut, dia mampu membuat penyimpanan cadangan listrik penampang sel surya dengan aki mobil bekas. Tentu temuannya itu sangat membantu warga untuk menikmati listrik di malam hari. Ya, sekali lagi kreativitas menjadikan segalanya menjadi berbeda.

Begitulah kreativitas, menjadikan banyak hal yang nampak biasa-biasa saja menjadi berbeda dan luar biasa.

Tentu saja, kreativitas tidak bisa datang dengan tiba-tiba. Perlu pembiasaan dan mencoba-coba yang kadang tidak kenal lelah.

Nah, pertanyaannya adalah sudahkan kita membiasakan diri menjadikan sesuatu yang biasa-biasa saja menjadi sesuatu yang istimewa?

Mengapa kita tidak berlatih menuliskan sesuatu kejadian di sekitar kita dan menyentuhnya dengan kreativitas, sehingga orang lain mendapati hal itu sebagai hal yang istimewa?

Bagaimana? Mau mencoba?

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

6 Responses to “Asongan”

RSS Feed for Inspirasi untuk Selalu menulis | Comments RSS Feed

Setuju untuk kreative lewat tulisan, mengajak kepada kebaikan mas .. buat hidup lebih hidup dengan memberi manfaat bagi banyak orang.

itulah sebabnya, orang2 kreatif tergolong langka di negeri ini, mas heri. mereka yang kreatif pasti akan dihargai dan diapresiasi banyak orang karena karyanya itu.

kreatif memang sangatlah bernilai tapi sayang saya miskinaktif heheh jadi gak kreatif

berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasihh😀

Jiwa kreatif tak jarang digunakan orang lain untuk ditiru, jadi kita harus terus berubah menjadi lebih kreatif terus, inovasi tiada henti.

saya inget pesen sampeyan mas… ATM…🙂 itu kreatif juga kan ?

Blog yang bagus, anda kreatif sekali dalam menulis. Tulisan-tulisannya dapat memberikan penyegaran, inspirasi dan pencerahan bagi yang membacanya. Salam kenal dari goeroendeso.


Where's The Comment Form?

  • Sstt Ada gratisan di bawah!

    Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

    Dukung Internet Sehat

    Internet Sehat

    Klik link berikut untuk dapat Ebook Gratis

    BlogBooker
    Turn your Blog into a PDF Book/Archive.

    BlogBooker Google PageRank Checking tool

  • Masukkan alamat surel/email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

    Join 10 other followers

  • RSS Blog yang lain :)

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Belajar Inggris

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Pengunjung

    • 5,622 pasang mata

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: