Supelatas

Posted on February 19, 2010. Filed under: kiat menulis, motivasi, semangat menulis, tips menulis, unik, writing tips | Tags: , , , |

Apa jadinya arus lalu lintas di jalanan yang padat tanpa dilengkapi lampu lalu lintas saat jam sibuk? Apalagi tidak ada Polisi yang bertugas di sana! Kalaupun ada Polisi mengatur lalu lintas hanya pada jam-jam tertentu, utamanya pagi. Padahal jam sibuk tidak hanya pagi hari, tetapi juga sore hari ketika para pekerja kantor mulai berhamburan pulang.

Ya, pasti macet dan semrawut !

Tetapi untunglah ada relawan-relawan yang mau berpayah-payah mengatur lalu lintas walau hanya mendapatkan upah sekedarnya dari beberapa pemakai jalan. Itulah supelatas – Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas. Mereka ini biasanya bertugas ketika para polisi sudah kembali ke markasnya masing-masing.

Saya pribadi merasa terbantu dengan keadaan mereka, tanpa mereka saya yakin akan terjadi kemacetan di jalur-jalur padat sepanjang hari. Terkadang saya berpikir seharusnya pihak kepolisian atau pemerintah memberikan penghargaan mereka. Karena seharusnya tugas mengatur lalu lintas adalah urusan pemerintah, mulai dari menyediakan lampu lalu lintas di setiap pertigaan dan perempatan, serta adanya tenaga polisi lalu lintas yang bertugas di sana setiap saat..

Di Malang beberapa saat yang lalu, saya lihat banyak supelatas yang memakai rompi-rompi baru seperti yag dipakai oleh polisi hanya warnanya berbeda. Di bagian punggung rompi tertulis dengan jelas SUPELATAS. Ya mudah-mudahan itu salah satu bentuk perhatian pada mereka.

Memang ada saja orang-orang yang tidak mengakui dan menghargai keberadaan mereka, termasuk pengguna jalan sendiri. Saya melihat betapa kadang masih banyak kendaraan, baik mobil maupun motor yang tidak mau berhenti dan main seruduk saja ketika para supelatas tersebut meminta mereka bergiliran memberikan jalan. Tapi coba jika polisi yang mengatur, pasti mereka tidak berulah. Ya begitulah kebanyakan kita, tidak mau bersyukur dan menghargai orang lain.

Nah, sekarang apa hubungannya dengan kegiatan tulis menulis?

Dalam dunia penulisan, apalagi di dunia maya, maka akan banyak sekali kesempatan untuk menjadi semacam supelatas. Tentu tidak dibidang mengatur arus lalu lintas, tetapi di banyak bidang yang lain yang membutuhkan turun tangan kita untuk menjadi relawan-relawan.

Baiklah saya berikan sebuah contoh agar anda semua tidak bingung.

Baru-baru ini ada seorang teman yang ingin mencoba koneksi internet melalui Open VPN (Virtual Private Network). Setelah saya coba menamkan program penggerak (driver) modemnya tetap saja koneksi internetnya tidak mau nyambung. Mucul pesan yang mengatakan saya tidak bisa terhubung dengan jaringan operator seluler yang saya pakai. Beberapa kali saya coba tetap tidak bisa, bahkan sampai harus ganti beberapa laptop dan komputer tetap saja pesan yang sama muncul.

Akhirnya dengan memakai laptop lain saya mencoba mencari solusi permasalahan tersebut melalui Google. Hanya dengan mengetikkan pesan kesalahan yang muncul seperti saya jelaskan di atas pada Google, saya sudah mendapatkan ratusan halaman yang membahas permasalahan yang saya alami. Setelah mencoba membuka beberapa solusi yang dibahas pada halaman-halaman yang ditemukan Google, akhirnya tidak sampai 15 menit saya sudah bisa mendapatkan koneksi internet melalui modem tersebut. Alhamdulillah..!

Lantas apa yang menarik dari contoh di atas?

Ternyata solusi tersebut saya temukan pada tulisan-tulisan yang kebanyakan dibuat oleh para blogger.

Tentu itu sangat menarik, karena para blogger itu kebanyakan bukan mewakli perusahaan pembuat modem atau telepon seluler yang kartunya saya pakai, tetapi mereka menuliskan itu karena mereka ingin menjadi relawan dengan membagikan pengalamannya kepada pengguna internet lainnya!

Nah, bukankah semangat para blogger tadi hampir sama dengan apa yang dilakukan oleh para supelatas yang saya ceritakan di atas?

Memang ada saja komentar di bawah tulisan sang nara-blog (blogger) yang menanyakan hal-hal yang menurut saya di luar kemampuan dan kewenangan sang penulis/blogger terhadap permasalahan lain. Bukankah hal ini sama dengan yang di alami para supelatas? Bukankah seharusnya mereka bertanya kepada perusahaan pembuat modem atau operator seluler yang mereka pakai? Jadi wajar saja jika sang penulis tidak mampu atau bisa menjawabnya.

Begitulah, dengan semangat supelatas, saya sering menulis beberapa buku panduan. Memang kadang terlihat remeh, seperti cara membuat email di Gmail.com
Kalau dipikir-pikir mengapa saya susah-susah membuat panduan semacam itu? Bukankan seharusnya pihak Gmail yang harus menyediakan hal itu?
Ya, ketahuilah, terkadang pihak-pihak penyedia layanan semacam Gmail tidak memberikan panduan secara lengkap, atau kalaupun ada bahasanya kurang dimengerti oleh pengguna awam, atau mungkin juga panduannya hanya tersedia dalam bahasa asing dan seterusnya.

Sampai di sini saya ingin mengajak anda sering mengatakan kekurangan ide dalam menulis, Jadilah Supelatas baik melalui blog anda, catatan pada facebook, mailing list atau forum-forum diskusi yang ada di internet.

Sangat banyak yang bisa anda tulis, mulai dari cara membuat donat yang lezat sampai membuat bagaimana menghasilkan uang melalui berjualan di internet.

Nah, siapa mau jadi supelatas?

Saya tunggu tulisan anda!

Make a Comment

Leave a Reply

2 Responses to “Supelatas”

RSS Feed for Inspirasi untuk Selalu menulis | Comments RSS Feed

kalau jalanan ga ada rambu pasti ga gerak mobilnya… mampet…

heehhe memang peran blogger makin nyata sekarang. Di tivi saja sudah sering blogger jadi narasumber🙂

Salam bentoelisan
Mas Ben


Where's The Comment Form?

  • Sstt Ada gratisan di bawah!

    Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

    Dukung Internet Sehat

    Internet Sehat

    Klik link berikut untuk dapat Ebook Gratis

    BlogBooker
    Turn your Blog into a PDF Book/Archive.

    BlogBooker Google PageRank Checking tool

  • Masukkan alamat surel/email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

    Join 10 other followers

  • RSS Blog yang lain :)

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Belajar Inggris

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Pengunjung

    • 5,622 pasang mata

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

