Prita

Posted on February 23, 2010. Filed under: AI, kiat menulis, motivasi, semangat menulis, tips menulis, unik, writing tips | Tags: , |

Anda semua pasti tahu dengan Prita Mulyasari yang kasusnya sempat membuat heboh Indonesia. Betapa tidak heboh? Beberapa calon Presiden pas pilpres tahun 2009 sempat memberi dukungan bagi “perjuangannya” melawan Rumah Sakit Omni Internasional.

Sepengetahuan saya mungkin baru kasus Prita vs Omni yang bisa menggerakkan ribuan bahkan jutaan orang di dunia maya (internet) dan dunia nyata untuk turun tangan langsung memberikan dukungan. Yang di dunia maya para blogger memasang banner pada blognya masing-masing menutut pembebasan Prita dan para facebooker membuat group dan update statusnya meminta yang lain untuk memberikan dukungan pada Prita. Sedangkan pada dunia nyata, sebagian blogger mendatangi sidang-sidang kasus Prita untuk memberikan dukungan dan membuat laporan langsung di internet.

Ketika permasalahan menjadi berlarut-larut dan Pengadilan menuntut uang ganti rugi atas pencemaran nama baik. Sekali lagi komunitas dunia maya membuat gerakan Koin Prita dalam sekejap banner-banner yang bergambar tangan memberikan uang recehan, sudah tepampang di blog-blog. Tidak cukup lewat tulisan dan koin, ada beberapa anak muda yang juga membuat lagu dukungan untuk Prita dan di unggah ke situs Youtube.com

Saya menyaksikan sendiri, betapa dukungan terhadap prita begitu cepat dan meluas. Pada komunitas IBSN misalnya, hanya dalam waktu tidak sampai satu minggu sudah terkumpul uang sekitar 600 ribuan. Saya yakin jika kita tidak memberi himbauan agar mentransfre tidak lebih dari 10 ribu maka jumlahnya akan lebih besar. Di dunia nyata, di kota-kota yang jauh dari tempat tinggal prita para mahasiswa dan ibu-ibu rumah tangga juga antusias mengumpulkan koin. Bahkan tukang becak dan penyanyi jalanan berpartisipasi.

Hasilnya?

Terkumpul sekitar 600 juta rupiah!

Lalu apa hikmah kasus Prita bagi kita yang sedang belajar menulis?

Yang jelas, sumber dari kasus Prita vs RS Omni berawal dari keluh kesah Prita yang disampaikan secara tertulis pada media online dan disebar/tersebar dengan cepat pada forum-forum diskusi di mailing-list. Unik memang, hanya tulisan berisi keluh kesah bisa menjadi kasus nasional.

Nah inilah poin yang ingin saya bahas. Betapa keluh kesah saja bisa dijadikan sebuah tulisan dan bisa menggerakkan banyak orang. Padahal kalau kita mau jujur, berapa banyak dari kita yang mengalami kasus yang lebih besar dari yang dialami Prita ketika berobat di rumah sakit. Kemudian kita berkeluh kesah secara lisan kepada teman atau saudara kita tentang ketidak puasan kita atas layanan rumah sakit tempat kita berobat.

Hanya satu yang membedakan antara kita dan Prita. Prita mengeluh dengan tulisan sedangkan kita dengan lisan.

Dampaknya?

Menurut saya tulisan lebih besar dampaknya daripada lisan.

Cobalah sekarang lihat di koran atau majalah, di sana selalu ada kolom Pembaca Menulis. Bacalah.. hampir sebagian besar isinya adalah keluhan terhadap layanan publik. dari tulisan-tulisan di suara pembaca itu sering kita dapati bahwa mereka sudah berkali-kali menghubungi pelayananan pelanggan (customer service) dari perusahaan/instansi yang terkait tetapi tidak pernah mendapat jawaban atau penyelesaian yang memuaskan. Akhirnya mereka menulis di media.

Saudara sekalian, saya jadi bertanya-tanya,
Mengapa ketika kita mengalami masalah dan berkeluh kesah, kita bisa menulis di koran. Sedang ketika tidak ada masalah kita jadi mandul dalam menulis?

Kalau begitu, apa perlu ditimpa masalah dulu agar bisa menulis?

Anda punya pendapat?

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

One Response to “Prita”

RSS Feed for Inspirasi untuk Selalu menulis | Comments RSS Feed

penderitaan bisa jadi satu-satunya jalan menuju kesadaran.


Where's The Comment Form?

  • Sstt Ada gratisan di bawah!

    Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

    Dukung Internet Sehat

    Internet Sehat

    Klik link berikut untuk dapat Ebook Gratis

    BlogBooker
    Turn your Blog into a PDF Book/Archive.

    BlogBooker Google PageRank Checking tool

  • Masukkan alamat surel/email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

    Join 10 other followers

  • RSS Blog yang lain :)

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Belajar Inggris

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Pengunjung

    • 5,622 pasang mata

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: