Jantok

Posted on March 13, 2010. Filed under: kiat menulis, kritik, motivasi, semangat menulis, tips menulis, unik, writing tips |

Ketika kelas satu SMA dulu saya punya teman satu kelas, yang punya hobi menulis. (Btw dia punya akun di facebook kayaknya😀 )
Kami getol sekali nulis, salah dua tulisan yang paling menginspirasi kami adalah Serial Lupus karangannya Hilman dan Balada Si Roy besutan Gola Gong. Dua pengarang itu benar-benar mempengaruhi gaya menulis kami.

Kami sering nulis bareng, untuk ditempelin di mading, atau kalau dirasa bagus ya dikirim ke majalah, walau seingat saya nggak ada yang pernah di muat hehehe:mrgreen:

Kalo saat itu sudah ada blog mungkin sudah banyak karya-karya kami yang menghiasi dunia maya … hihihi.. cuman karena saat itu belum ada ya akhirnya banyak tulisan kami yang teronggok begitu saja di kamar kumuhnya Jantok😀

Yang menarik lagi saat itu hanya ada mesin ketik, jadi kalau mau ngirim tulisan ya pakai mesin ketik… duuuh minta ampun deh ribetnya, apalagi kalo sampe salah ketik, harus di tip-ex-lah, ato kalo kebanyakan salahnya ya ngetik ulang dari awal. Trus yang asyik lagi kami tidak punya mesin ketik, yang punya adalah Om-nya Jantok. Eh iya si Jantok itu tinggal di rumah embahnya yang juga bersebelahan dengan rumah Omnya si Jantok. Putra Omnya Jantok sekelas dengan kami, namanya Hancok😀 nah dari dialah kami selalu pinjam mesin ketik.

Pada suatu minggu pagi kami sedang membuat tulisan di kamar Jantok yang terletak di bagian paling depan. Ketika sedang asyik mengetik – si Hancok masuk kamar dan ngasih tahu kalo di tivi ada konsernya Godbless. Saat itu Goodbless emang lagi digemari anak-anak muda. Segera kami bergegas ke ruang keluarga yang tempat menonton tivi.

Kira-kira beberapa menit kemudian terdengar suara permpuan memanggil-manggil nama Hancok dan Jantok dari balik pintu. Bergegas kami keluar, ternyata Wahyuni, tetangga sebelah rumah:

”Han, tadi ada orang laki-laki masuk kamarnya Jantok, trus keluar lagi.. kok mencurigakan sekali… emang temanmu?

”Teman? Siapa? nggak ada temen.. lain?” jawab si Hancok penasaran

“Atu temenmu Tok?”

”Temenku?” jawab Jantok.. “Ya cuman ini… !” serunya sambil menunjuk saya.

Coba lihat ke kamar.. barang kali ada yang hilang…

Segera kami berlima, di tambah si Alif, kakak Hancok ke kamar depan. Untuk beberapa saat kemudian kami tidak tahu apakah ada barang yang hilang atau tidak…

”Mesin ketik…..!” teriak Jantok
”Iya… Mesin ketik…” seru kami hampir bersamaan

”Cari… kejar…. seru Alif.

Kami segera berhamburan ke luar dan berlarian menyusuri jalan gang depan rumah Mbahnya Jantok hingga sampai ke jalan raya. Sesekali kami tanya tetangga yang kami lewati barangkali melihat laki-laki yang membawa mesin ketik. Saat kami sibuk memburu pencuri yang entah sudah kabur kemana si Jantok tidak ikut serta. Dia hanya berdiam di rumah sambil terlihat menyesal sekali.

”Kamu, sih Tok, lupa nutup pintu… gimana nih kalo bilang sama Bapak?” sesal Hancok.

Jantok yang wajahnya terlihat risau segera menjawab,

”Iya.. memang aku lupa.. tapi masalahnya bukan mesin ketiknya… tapi ide saya itu yang ikut terbawa pencuri… khan susah nyari lagi… !”

Gubrak! bukan mesin ketiknya yang bikin dia pusing, tapi kehilangan ide yang baru ditulis setengah halaman yang terbawa si pencuri Wah… entah luar biasa atau luar biasa sablengnya si Jantok ini.

***

Nah, saudara sekalian, menurut anda.. bisa enggak sih ide itu hilang terbawa pencuri?

Atau anda sering juga seperti si Jantok yang bilang idenya suka hilang tertibun dan terbawa kegiatan-kegitatan lain, sehingga menjadi alasan untuk tidak menulis?

Bagaimana?

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

18 Responses to “Jantok”

RSS Feed for Inspirasi untuk Selalu menulis | Comments RSS Feed

wkwkwkwkkw… dasar tuh si Jantok… tapi bener juga idenya kebawa lari tuh😀

ide kan dikepala ya? tinggal ditulis lagi aja (cuma emang males kalo udah nulis terus ilang mesti ngulang lagi:D ) kalo mesin tik dicuri ya mesti ke toko dong buat beli lagi,hehehe

btw GODBLESS?? angkatan tua nih kayaknya:D

saya pernah mengalami juga kehilangan ide, saat telah mengetik satu halaman, tiba-tiba filenya ditutup oleh orang lain tanpa menyimpannya (maklum direntalan), dan gondoknya luar biasa, idenya langsung hilang bersama terhapusnya satu halaman

bener sekali, kadang2 ketika kita punya ide..tapi gak terus langsung ditulis suka lupa.. karena trus sibuk ngapain..ato keasyikan kesibukan yang lain🙂

heuheuu… ide itu selalu ada, karena itulah kenapa ada inovasi, kreatifitas, dst. pengembangan pembaharuan, lompatan revolusi berpikir, dll. jadi jgn pernah takut kehabisan ide untuk dibagikan, atau “tercuri” .. ^^

hahahaha… kayak otaknya ada di mesin ketik aja tu si jantok

Hahaha bisa aja, masa idenya bisa kebawa juga ama pencuri? Salam

ketika notebook saya digondol maling, 2 naskah buku saya hilang, rasanya seperti hilang arah sejak itu, seperti kehilangan separuh jiwa *lebay nih Ade*

Owh, Jantok itu nama seseorang ya?🙂 , kebetulan saya juga senang menulis, kalau mengalami seperti itu mungkin saya akan merasa kehilangan juga, kalau mesin ketik bisa beli lg, tapi ide yg kita dpt gak datang dua kali

salam kenal , boleh tukeran link?🙂

Jantok sama hancok,
hehehe:mrgreen:

jantok:
gue banget hehe…

Huaaa.. ini keenam kalinya komen saya randommm….. af1😦

sekarang punya blog bisa sangat produktif dong….salam bloging

jadi inget jaman dulu waktu sma…yang minjemin mesin tiknya om-om tetangga kosan. yang baca cerpen picisan itu teteh-teteh tetangga kosan….jadinya ya beredar di sekitar kosan juga..hahaha

Kasihan jantok. Ya . . . jantok

wekkk jantok komen coy :))

On Sun, 28 Mar 2010 23:02 ICT

sampe saiki ide iku jarene tetep ilang


Where's The Comment Form?

  • Sstt Ada gratisan di bawah!

    Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

    Dukung Internet Sehat

    Internet Sehat

    Klik link berikut untuk dapat Ebook Gratis

    BlogBooker
    Turn your Blog into a PDF Book/Archive.

    BlogBooker Google PageRank Checking tool

  • Masukkan alamat surel/email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

    Join 10 other followers

  • RSS Blog yang lain :)

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Belajar Inggris

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Pengunjung

    • 5,622 pasang mata

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: