Chained Writing

Posted on March 15, 2010. Filed under: AI, kiat menulis, kritik, motivasi, semangat menulis, tips menulis, unik, writing tips |

Salah satu game yang saya suka adalah Chained Writing . Permainan ini biasanya saya berikan di kelas writing (pelajaran menulis bahasa Inggris ), tetapi juga sering saya berikan di pelatihan-pelatihan menulis (berbahasa Indonesia).

Aturan mainnya seperti ini:
Saya (instruktur) akan memberikan satu atau dua kalimat awal di papan tulis. Misalnya:
I was alone in the middle of the night at old house : (saya sendirian di tengah malam di sebuah rumah tua)

Kemudian saya minta setiap siswa (peserta pelatihan) meneruskan kalimat tersebut, bisa disepakati, apakah dua kalimat atau cukup satu kalimat saja.

Selanjutnya siswa tersebut memberikan tulisannya ke teman samping kanannya. Semua begitu! Jadi misalnya:
A => B => C => D => E => A ( ini asumsinya satu kelompok isinya lima orang)

Setelah si B meneruskan kalimat si A, dia memberikan kepada si C, begitu seterusnya sampai satu putaran. Satu putaran adalah jika si A, kembali menerima kertasnya kerjanya sendiri (disana sudah ada tulisan si B, C, D dan E).

Dalam satu putaran saja, akan ada sepuluh kalimat di masing-masing lembar kerja peserta pelatihan, dan ada 5 cerita yang berbeda!

Apa yang menarik dari permainan ini?

Yang paling jelas peserta akan dituntut untuk secara kreatif mengembangkan tulisan, dan yang lebih seru lagi dia tidak bisa mengarang tulisannya sendiri karena hasil akhir dari cerita yang dia buat adalah tergantung dari teman-temannya yang meneruskan.

Nah, saya masih punya obsesi yang mungkin cukup konyol, saya ingin menulis sebuah buku, atau paling tidak sebuah cerpen yang isinya seperti itu! Maksud saya saya mengajak anda untuk menulis sebuah cerita chained writing .

Caranya?

Mudah, misalkan saya, membuat sebuah paragraph, di note Facebook, kemudian saya tag, beberapa orang. Nah orang yang berkomentar pertama harus meneruskan membuat satu paragraph (bisa panjang, bisa pendek) yang “nyambung” dengan paragraph yang saya tulis di atasnya, selanjutnya orang yang berkomentar kedua, harus neruskan paragraph orang yang di atasnya, begitu seterusnya?

Bagaimana?

Mau dicoba?

Kayaknya asyik tuuuh….

Make a Comment

Leave a Reply

6 Responses to “Chained Writing”

RSS Feed for Inspirasi untuk Selalu menulis | Comments RSS Feed

waduh…pengen sih nyoba bro..mengamankan dulu neh…hehee…

hohohoho.. dimana nih gamenya buat penasaran saja😀

hm… seperti kata berantai? atau bagaimana? seru nih.

udah ikutan ya,tapi ada sedikit typo,tolong dibenerin dong:D

Sangat menggoda🙂

Salam bentoelisan
Mas Ben

bagus juga Pak
jadi lebih kreatif 🙂


Where's The Comment Form?

  • Sstt Ada gratisan di bawah!

    Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

    Dukung Internet Sehat

    Internet Sehat

    Klik link berikut untuk dapat Ebook Gratis

    BlogBooker
    Turn your Blog into a PDF Book/Archive.

    BlogBooker Google PageRank Checking tool

  • Masukkan alamat surel/email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

    Join 10 other followers

  • RSS Blog yang lain :)

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Belajar Inggris

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Pengunjung

    • 5,622 pasang mata

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

