Trigger

Posted on October 1, 2012. Filed under: kiat menulis, motivasi | Tags: , , , , , |

Kemarin, setelah mengajar anak-anak Babul Khairat Putradi pobabndok Babul Khairat Putra yang baru, seorang cucu pendiri pesantren, yang belakangan baru saya tahu namanya Fahm , “menahan” saya untuk sejenak berbincang-bincang.

“Pak, sampean ngajar apa?” tanyanya ketika saya berkemas hendak pulang.

“Bahasa Inggris…!” jawab saya

“Bisa ngajarin saya bahasa Inggris?”

trigger

trigger

“Ya, insyaAllah… !” jawab saya. Akhirnya kami berbincang-bincang di serambi masjid.

“Di pondok saya mulai tahun ini, juga diajarkan bahasa Inggris Pak, dan saya pengen sekali bisa, karena gak ada ruginya belajar bahasa inggris …” begitu dia menjelaskan dan menceritakan tentang temannya yang pandai bahasa inggris dan akhirnya bisa melanglang ke amerika. Sementara beberapa saat yang lalu dia mengantarkan adik temannya satu pesantren yang ingin “nyantri bahasa inggris” di kampung inggris di Pare Kediri sana. Disana dia bertemu dua orang Libya, yang satu selain bahasa arab bisa bahasa inggris, sementara yang satunya hanya bisa bahasa arab thok. Si orang libya ini datang jauh-jauh dari Jakarta ke Pare untuk belajar bahasa Inggris, sementara temannya yang mengantarkannya hanya bisa menemani cuman sehari – praktis karena dia hanya bisa bahasa arab, dia cukup repot berkomunikasi dengan orang-orang disekitar kampung inggris tersebut, untungnya ada Fahmi yang sudah bertahun-tahun mondok di pesantren bahasa Arab di Bangil sana. Akhirnya selama di Pare sang libya ini cukup terbantu dengan keberadaan si Fahmi.

“.. tapi sekarang kalau sms atau telpon sama saya dia gak mau pak pakai bahasa arab.. maunya bahasa inggris… wah mampus ana… “ katanya sambil nyengir.

Dan kamipun bercakap-cakap tentang bagaimana mempelajari bahasa inggris dan juga bahasa arab.

“.. intinya, hanya satu …” jelas saya. “Sampean harus mencari tahu apa alasan yang paling kuat mendorong sampean untuk bisa bahasa inggris, kalau sudah ketemu itu.. saya yakin sampean bisa menguasai bahasa inggris apapun kendala yang akan dihadapi…” begitu penjelasan saya sambil menjelaskan beberapa cerita tentang orang-orang yang bisa belajar berbahasa inggris secara otodidak. (Sebagian cerita itu sudah pernah saya tulis di blog saya ini )

“Ya, ana pikir memang begitu Pak, gak hanya belajar bahasa inggris, dalam hal apapun motivasi yang jelas akan bisa mendorong kita untuk mencapai yang kita inginkan..” selanjutnya dia menceritakan bagaimana teman-temannya yang madura yang berhasil mencapai hal-hal yang diinginkan dan beberapa cerita lainnya.

Mendengar ceritanya saya juga teringat tayangan televisi beberapa waktu yang lalu ketika saya di surabaya. Saat itu acaranya liputan keberangkatan jamaah haji indonesia – ada sesi yang cukup menarik adalah ketika mewancarai beberapa “orang-orang berpenghasilan biasa-biasa saja” yang disanggupkan Allah untuk bisa berangkat haji. Satu yang saya ingat seorang ibu-ibu tua yang dengan riang menceritakan bahwa dia hanyalah “seorang penjual serabutan” di pasar di jawa tengah sana, dia bilang penghasilannya sehari tidak mesti, kadang 50 ribu kadang juga sampai 100 ribu, tetapi dengan tekat yang kuat akhirnya dia bisa menabung dan bisa berangkat pergi haji tahun ini.

Ya, begitulah, jika seseorang mempunyai sesuatu yang sangat kuat untuk mendorongnya mencapai sesuatu (trigger) maka dengan usaha yang konsisten dan istiqomah, insyaALlah bisa meraihnya.

Dan sekali lagi itu juga berlaku dalam hal menulis. Jika anda bisa menemukan sebuah pendorong yang sangat kuat untuk menulis maka anda insyaAllah akan bisa lancar menulis. Dan bagi saya pribadi pendorong untuk bisa menulis produktif adalah semangat untuk berbagi hal-hal kecil – karena saya yakin kadang hal-hal yang kita anggap kecil tersebut ternyata banyak bermanfaat bagi orang lain.

Nah, sahabat sekalian sudahkah anda menemukan trigger dalam menulis?

********
Beberapa tulisan saya yang senada tentang hal ini bisa dibaca di

https://inspirasimenulis.wordpress.com/?s=haji

****
Gambar diambil dari sini

Make a Comment

Leave a Reply

  • Sstt Ada gratisan di bawah!

    Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

    Dukung Internet Sehat

    Internet Sehat

    Klik link berikut untuk dapat Ebook Gratis

    BlogBooker
    Turn your Blog into a PDF Book/Archive.

    BlogBooker Google PageRank Checking tool

  • Masukkan alamat surel/email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

    Join 10 other followers

  • RSS Blog yang lain :)

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Belajar Inggris

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Pengunjung

    • 5,622 pasang mata

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

