Sang Pengikat

Posted on October 3, 2012. Filed under: motivasi, tips menulis | Tags: , |

pengikat

pengikat

Dalam kehidupan kita, ada begitu banyak pengetahuan yang mungkin tidak kita dapatkan di bangku sekolah/ kuliah. Dan kadang, yang lebih menakjubkan, pengetahuan tersebut justru lebih actual dan mungkin juga lebih kita butuhkan untuk menjalani kehidupan kita. Karena pengetahuan itu selalu diupdate dan disesuaikan dengan kebutuhan “lapangan” sementara kurikulum sekolah atau kuliah – tidak mampu menampung hal-hal baru yang terkadang memang tidak bisa dibuktikan – (atau belum dibuktikan) secara ilmiah.

Tetapi jangan salah sangka, bahwa pengetahuan tersebut cukup ribet dan kompleks sehingga susah diterapkan oleh orang awam kebanyakan. Tidak, tidak mesti begitu! Pengetahuan tersebut justru terkadang seperti pengetahuan hal yang sangat remeh temeh bagi sebagian orang , tetapi sekali lagi sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Saya ingin memberikan sebuah contoh kecil, suatu hari saya pernah mendengar seorang ibu bercerita bagaimana dia mendidik anaknya sejak kecil untuk selalu membawa bekal ke sekolah, kebiasaan tersebut dia tanamkan sehingga ketika anaknya sudah besar dan sekolah di SMP pun masih mau membawa bekal dari rumah. Kebiasaan membawa bekal ini ternyata berdampak pada kebiasaan lainnya yaitu sang anak menjadi hemat dan tidak mudah membelanjakan uang sakunya untuk kebutuhan-kebutuhan yang tidak penting, meskipun uang saku yang dia terima bisa jadi lebih banyak daripada uang saku teman-temannya.

Mendengar cerita itu saya jadi ingat, bagaimana susahnya membiasakan anak-anak saya untuk membawa bekal ke sekolah, sampai-sampai saya juga berusaha membawa bekal ke kantor agar anak-anak tahu bahwa ayahnya – meskipun sudah kerja – juga tidak malu membawa bekal. Tetapi usaha saya ini juga belum membawa perubahan yang signifikan bagi anak-anak untuk mencontohkan. Saya berpikir bahwa sang ibu tadi pasti punya kiat-kiat agar anak-anaknya mau membiasakan diri membawa bekal ke sekolah. Dan saya yakin, selain saya masih banyak lagi orang tua yang juga merasa kesulitan membiasakan anak-anaknya membawa bekal dari rumah – meskipun dari sekolah mereka ada anjuran untuk itu.

Ya, itu sedikit contoh kecil yang saya yakin sebagian besar dari kita menganggap hal tersebut cukup sepele. Tetapi saya berandai-andai, seumpanya sang ibu tersebut menuliskan kiat-kiat yang dia lakukan dan membaginya di internet saya kok yakin banyak yang akan membaca dan merasa terbantu. Dan saya sangat yakin itu sungguh bermanfaat.

Ya, sangat bermanfaat meskipun kecil dan sepele!

Kali ini saya juga ingin memberikan sebuah contoh kecil bagaimana tulisan yang sepele bisa membawa manfaat besar bagi orang lain, khususnya saya.

Sekitar 2 atau 3 tahun lalu saya menderita penyakin ambient, meski tidak terlalu parah tetapi jika kambuh kadang cukup menanggu aktivitas sehari-hari. Dan saya juga sudah berobat dan mencoba berbagai pengobatan baik medis maupun yang herba. Alhamdulillah akhirnya saya mendapatkan resep yang cukup ampuh untuk mengobati ambient saya, bukan dari dokter atau dari seorang herbalis yang berbiaya mahal.

Resep tersebut saya dapat ketika saya meminjam sebuah majalah dari adik saya. Dan perlu diketahui, rubric yang saya sukai ketika membaca sebuah majalah atau Koran adalah rubric pembaca menulis. Dari rubric tersebut ada seseorang yang membagikan pengalamannya mengobati penyakit ambein yang dia derita. Dia menceritakan suatu ketika saat dia kuliah – dia KKN di sebuah desa kecil yang cukup jauh dari kota. Pada saat KKN itu tiba-tiba saja ambiennya kambuh, tentu cukup meresahkan dia karena jauh dari kota. Akhirnya ada seorang warga desa yang memberi tahu untuk mencoba resep pengobatan ambient tradisional. Resepnya cukup sederhana, cukup ambil 2 atau 3 biji labu siyem yang masih muda yang besarnya kira-kira sebesar ibu jari tangan, kemudian diparut dan airnya yang cuma satu sendok makan itu diminum rutin pagi dan sore. Ajaibnya resep ini begitu manjur dan penyakit ambiennya Alhamdulillah tidak kambuh lagi.

Membaca resep tersebut saya juga mencobanya setiap kali ambient saya kambuh, dan Alhamdulillah resep tersebut juga cukup manjur mengobati penyakit saya.

Sungguh saya bersyukur kepada Allah bahwa masih ada orang-orang yang mau menuliskan hal-hal remeh yang sudah biaasa dimasyarakat dan tidak dianggap penting kemudian membagikannya kepada orang lain – tanpa berharap apa-apa selain berbagi pengalaman yang bermanfaat.

Saya yakin masih banyak hal-hal remeh dan biasa-biasa saja disekitar kita yang belum kita tuliskan, dan saya yakin juga hal-hal tersebut sangat bermanfaat bagi orang lain.

Pertanyaannya sekarang cuma satu

Maukah kita menjadi pengikat hal-hal remeh dan biasa tersebut dalam bentuk tulisan?

****

Gambar diambil dari sini

Make a Comment

Leave a Reply

One Response to “Sang Pengikat”

RSS Feed for Inspirasi untuk Selalu menulis | Comments RSS Feed

Reblogged this on Moelcom's Blog and commented:
Add your thoughts here… (optional)


Where's The Comment Form?

  • Sstt Ada gratisan di bawah!

    Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

    Dukung Internet Sehat

    Internet Sehat

    Klik link berikut untuk dapat Ebook Gratis

    BlogBooker
    Turn your Blog into a PDF Book/Archive.

    BlogBooker Google PageRank Checking tool

  • Masukkan alamat surel/email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

    Join 10 other followers

  • RSS Blog yang lain :)

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Belajar Inggris

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Pengunjung

    • 5,622 pasang mata

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

